Monday, July 4, 2011

Uang Di Dalam Sepatu Butut

Uang Di Dalam Sepatu Butut

Suatu sore, seorang mahasiswa berjalan bersama dosennya. Ketika mereka melihat sepasang sepatu butut di tepi jalan, mereka yakin bahwa sepatu tersebut adalah milik seorang pekerja rendahan yang bekerja di hutan.

Sang mahasiswa berpaling pada dosennya seraya berkata,
"Mari kita sembunyikan sepatunya, lalu kita bersembunyi dibalik semak-semak dan melihat apa yang terjadi kemudian."

Dosen itu menjawab,

"Sobatku, kita tidak seharusnya bersenang-senang dengan mengorbankan orang miskin. Engkau dapat melakukan sesuatu yang lebih baik dan itu akan mendatangkan kesenangan besar dalam dirimu. Caranya adalah memasukkan uang kedalam kedua sepatu bututnya. Setelah itu kita bersembunyi untuk melihat reaksi orang tersebut."

Mahasiswa itu pun melakukan apa yang dikatakan dosennya, lalu mereka bersembunyi di balik semak2. Tak lama kemudian, si empunya sepatu keluar dari hutan dan bergegas mengambil sepatunya. Ketika memasukkan salah satu kakinya, ia merasakan ada benda yang mengganjal. Ia pun merogoh ke dalam sepatu. Ia nampak terkejut dan terheran karena ada uang dalam sepatunya. Ia memegang sambil menatap uang tersebut, lalu melihat ke sekeliling apakah ada orang di sekitarnya. Tapi, ia tidak melihat seorangpun disana.

Lalu ia memasukkan uang tersebut kekantongnya, sambil memasang sepatu lainnya. Tapi, lagi2 ia terkejut karena ada uang dalam sepatunya yang satu lagi. Perasaan haru menguasainya, ia jatuh tersungkur dan menengadah ke atas. Doa ucapan syukur terdengar jelas dari mulutnya. Ia berbicara mengenai istrinya yang sakit, serta anaknya yang kelaparan karena tak ada uang. Ia bersyukur atas kemurahan yang Tuhan berikan melalui orang yang ia tidak ketahui.

Melihat hal itu, sang mahasiswa meneteskan air mata. Ia berpaling pada dosennya seraya berkata,
"Kau telah memberiku pelajaran yang tak kan kulupakan. Kini aku mengerti bahwa lebih bahagia memberi daripada menerima."

1 comment:

  1. Memberi memang lebih baik daripada menerima, bahkan Allah akan mengganti dengan yang lebih besar. Kadang bantuan kecil kita sangat berarti bagian sebagian orang. Jangan lupa selalu bersyukur.
    Btw, mampir ke www.safetyshoes.co.id :)

    ReplyDelete

Author

My photo

Irvan Sanjaya atau lebih dikenal dengan nama Irvan Zhang, lulusan Bina Nusantara University, bidang Teknik Informatika, saat ini bekerja sebagai seorang SEO & Analytics Strategist Supervisor di PT. Valuklik - Google Partner. Saat ini juga aktif sebagai Blogger untuk blog yang bernama Broadcast BBM Indonesia, blog yang berisi mengenai hal-hal yang berkaitan dengan BlackBerry maupun layanan messengernya. Saat ini sedang hobi melakukan traveling dan juga baksos yang telah menjadi kegiatan rutin bulanan. Please Follow BroadcastBBM Facebook dan Twitter. Thank You~ :)