Thursday, August 4, 2011

Casing Pelindung Merusak BlackBerry

Casing Pelindung Merusak BlackBerry

9% kerusakan BlackBerry disebabkan karena penggunaan pelindung casing.
Hasil penelitian lab RIM Canada telah membuktikan bahwa mayoritas kerusakan BlackBerry diakibatkan karena penggunanya memasang pelindung seperti silicon, hard case dan sejenisnya yang justru menyebabkan panas di dalam BB dan berakibat merusak komponen elektronik yang terdapat di dalam BB tersebut.

Hal ini makin diperparah jika pengguna mencharge BB dengan kondisi pelindung casing terpasang, karena baterai yang dicharge menghasilkan panas yang bila terhambat pelepasannya akan merusak board komponen elektronik di dalamnya.

Komponen yang mulai rusak akan menyebabkan berbagai gejala seperti menurunnya kinerja (lemot) karena "Memory Leak" akibat chip memory yang mulai rusak karena kepanasan. Gejala "Hang" seperti jam pasir yang mengharuskan untuk merestart BB juga mengindikasikan jalur board komponen yang mulai rusak akibat panas.

BB seharusnya tidak membutuhkan reset atau mencabut baterai secara berkala, bila sampai harus melakukan itu berarti komponennya mulai rusak akibat penggunaan pelindung casing.

Ketika diwawancarai, manajer teknis RIM, Timothy Arthur, mengatakan bahwa penggunaan pelindung case sebenarnya menyalahi aturan, karena kalau memang BB memerlukan itu, dari pabriknya pasti sudah disertakan dalam box penjualannya.

Timothy menambahkan juga bahwa selain pelindung case silicon dan hard case, leather case dengan kancing bermagnet juga merupakan "Pembunuh" BB. Radiasi medan magnet pada kancing leather case sekalipun kecil, dapat membuat komponen elektronik didalamnya harus bekerja extra 20x lebih keras untuk menembus medan magnet. BB yang ditempatkan di leather case dengan kancing bermagnet akan mengalami "Penuaan Dini" dan mati total sebelum waktunya.

8 comments:

  1. ini beneran apa hoax sih? kenapa penelitiannya baru sekarang diungkap? beneran nih bos>>>> hoax kali

    ReplyDelete
  2. Hmm beneran sih klo menurut saya pribadi, kalau memang casing karet silikon atau karet tidak berbahaya untuk bb, pasti dr paket pembeliannya bb sendiri sudah disertakan dengan silikon atau karetnya, seperti pada paket pembelian bb onyx yang mendapatkan pouch, mengapa pouch? karena pouch pada bb "tidak selamanya" disarungkan pada bb, misalnya saja pada saat menggunakan bb untuk telfon,sms,bbman, pastinya kita akan melepaskan bb tersebut dr pouchnya, bgitu pula saat kita akan mencharge baterai bb, sehingga panas bb dapat keluar ketika sedang digunakan, untuk penelitian biasanya berjalan seiring dengan bertambahnya pengguna bb dan juga banyaknya laporan kasus" yang serupa.

    ReplyDelete
  3. masalah kancing bermagnet saya tida setuju, karena di dalam hp itu sendiri ada magnetnya, pada speaker.

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Putra: tetapi apakah bagus apabila di dalam sebuah hp terdapat 2 buah magnet? dan apabila posisi magnet pada casing dan hp tersebut saling tolak menolak ataupun tarik menarik?

      Delete
  4. Sumpah gan,ane langsung lepas casing pelindung  pas baca tulisan ini.Kayanya bnr jg nih soalnya  ane suka lemot.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya gan...sebenernya dari bb nya sendiri mereka saranin pake pouch, itu jg kalau mau dibawa kemana" kalau BB agan suka lemod bisa dicoba restart BB nya dan hapus aplikasi" yang tidak terpakai.

      Delete
  5. Jelas,,,yang pertama akan merusak body/casing jika sering cabut dan pasang,karena saya sendiri casingnya jadi lecet D̶̲̥̅̊ɪ̣̝̇☞☞ sebabkan karena pelindung silicon/kondom,

    ReplyDelete
  6. Jelas,,,yang pertama akan merusak body/casing jika sering cabut dan pasang,karena saya sendiri casingnya jadi lecet D̶̲̥̅̊ɪ̣̝̇☞☞ sebabkan karena pelindung silicon/kondom,

    ReplyDelete

Author

My photo

Irvan Sanjaya atau lebih dikenal dengan nama Irvan Zhang, lulusan Bina Nusantara University, bidang Teknik Informatika, saat ini bekerja sebagai seorang SEO & Analytics Strategist Supervisor di PT. Valuklik - Google Partner. Saat ini juga aktif sebagai Blogger untuk blog yang bernama Broadcast BBM Indonesia, blog yang berisi mengenai hal-hal yang berkaitan dengan BlackBerry maupun layanan messengernya. Saat ini sedang hobi melakukan traveling dan juga baksos yang telah menjadi kegiatan rutin bulanan. Please Follow BroadcastBBM Facebook dan Twitter. Thank You~ :)